Kontak Kami : 087839456406
 

SINKRONISASI DATA HORTIKULTURA KABUPATEN PACITAN 2017

Pertemuan sinkronisasi data hortikultura

 

Pertemuan Sinkronisasi Data Hortikultura di Kabupaten Pacitan tanggal 23 Agustus 2017 yang diadakan di Ruang Pertemuan Dinas Pertanian Kabupaten Pacitan. Pertemuan tersebut dihadiri 20 peserta yang terdiri dari petugas data tiap kecamatan.

Sebagai pemateri dalam pertemuan tersebut adalah Gatut Winarso,SP,MSc, Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura, Siti Sholihah dari Badan Pusat Statistik dan Dian Anggarimurni,SP Kasi Produksi Hortikultura

Kepala Dinas Pertanian Ir. Pamuji MP dalam pertemuan menyampaikan antara lain;

  1. Perlu adanya fokus pengembangan hortikultura di masing-masing wilayah. Diharapkan setiap wilayah kecamatan membuat terobosan baru dalam pengembangan hortikultura sehingga hasilnya lebih optimal, menguntungkan dan berkelanjutan.
  2. Peningkatan kesejahteraan petani, melalui perbaikan usahatani, penguatan kelembagaan dalam kelompok tani/Gapoktan agar menjadi lembaga petani yang mandiri dan handal.
  3. Perlu perubahan konsep berpikir untuk beralih ke perluasan kawasan hortikultura yang semula masih sendiri-sendiri. Dengan adanya model kawasan maka akan lebih mudah dalam aspek pasar, harga dan bargaining petani.

Dalam pertemuan tersebut BPS mengadakan evaluasi data hortikultura tahun 2017 triwulan II. Dari hasil evaluasi tersebut ada beberapa petugas kecamatan yang belum tepat dalam memasukkan data.

Permasalahan yang yang ditemui di lapang terkait dengan data hortikultura antara lain;

  • Setiap kecamatan belum mempunyai pemetaan komoditas hortikultura, sehingga pembangunan hortikultura di wilayah kurang fokus
  • Penulisan data SP kecamatan yang dikumpulkan tiap bulan masih banyak yang belum sesuai dengan format yang ada.

Diharapkan adanya pertemuan sinkronisasi data hortikultura ini, kedepan data SP hortikultura bisa lebih mendekati kondisi lapang, tepat cara pengisian dan tepat waktu dalam pengumpulannya.

 

 

 

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Add a comment

required

required

optional